Friday, April 17, 2020

Soal drama

Assalammualaikum wr.wb

hai semuanya apa kabar?,semoga kalian baik baik saja ya,gimana rasanya dirumah aja selama kurang lebih hampir 1 bulan ini?pasti hampir rata rata dari kalian menjawab bosen hehhe aku juga sih dan aku pengen banget sekolah tapi karena kita lagi ada wabah kita harus dirumah aja dan mengikuti aturan pemerintah, kita doakan semoga wabah ini cepat selesai ya aaminn semngat terus buat kita semua.okey guys jadi aku hari ini mau latihan soal tentang Drama kita langsung masuk aja ya ke soalnya oke.

soal

1. Tuliskan ciri utama dalam drama!
  • mementaskan drama dgn penghayatan,mimik,gesture,dan ekspresi yg tepat
  • pengucapan dialog sesuai dgn naskah drama dgn lafal,intonasi,tekanan, dan jeda yg tepat
  • berperan dgn penguasaan panggung (blocking)

2. Samakah drama dengan sandiwara?

   sama ,drama dan sandiwara adalah sama, karena merupakan karya seni yang menggambarkan kehidupan      dan watak manusia melalui tingkah laku (akting) yang dipentaskan. Yang membedakan adalah istilahnya saja


3. Jelaskan yang dimaksud tonil!


     Tonil atau disebut jueel adalah Sandiwara atau Pertunjukan atau Teater di zaman pendukung Belanda,             tepatnya ditahun-tahun tearakhir penjajahan Belanda, ketika muncul sebuah rombongan Sandiwara bernama      “Dardanella “.

4. Apa yang dimaksud dengan Pantonim?

   Pantomim adalah pertunjukan teater tanpa kata-kata yang dimainkan dengan gerak dan ekspresi wajah,              serta biasanya diiringi musik. Dari definisi ini, pantomim merupakan seni pertunjukan yang penampilannya lebih        mengandalkan gerak-gerik tubuh dan ekspresi wajah.

5. Apa yang dimaksud dengan Lenong?

    Lenong adalah kesenian teater tradisional atau sandiwara rakyat Betawi yang dibawakan dalam dialek Betawi    yang berasal dari Jakarta, Indonesia. Kesenian tradisional ini diiringi musik gambang kromong dengan alat-alat   musik seperti gambang, kromong, gong, kendang, kempor, suling, dan kecrekan, serta alat musik unsur Tionghoa seperti tehyan, kongahyang, dan sukong. Lakon atau skenario lenong umumnya mengandung pesan  moral, yaitu menolong yang lemah, membenci kerakusan dan perbuatan tercela. Bahasa yang digunakan  dalam lenong adalah bahasa Melayu (atau kini bahasa Indonesia) dialek Betawi.

6. Apa yang dimaksud dengan Ludruk?

   Ludruk adalah suatu drama tradisional yang diperagakan oleh sebuah grup kesenian yang dipergelarkan di      sebuah panggung dengan mengambil cerita tentang kehidupan rakyat sehari-hari, cerita perjuangan, dan            sebagainya yang diselingi dengan lawakan dan diiringi dengan gamelan sebagai musik.

7. Apa yang dimaksud dengan Ketoprak?

   ketoprak merupakan drama tradisional yang diperagakan oleh sebuah grup kesenian dan digelarkan  di sebuah panggung dengan mengambil cerita dari sejarah, cerita panji, dongeng dan lainnya dengan  diselingi lawak. Ketoprak muncul pada tahun ± 1922 pada masa Mangkunegaran. Kesenian ini diiringi  musik dari gamelan yang berupa lesung, alu, kendang dan seruling. 

8. Jelaskan pengertian dari drama!

  Drama merupakan genre (jenis) karya sastra yang menggambarkan kehidupan manusia dengan                        gerak. Drama menggambarkan realita kehidupan, watak, serta tingkah laku manusia melalui peran dan dialog      yang dipentaskan. Kisah dan cerita dalam drama memuat konflik dan emosi yang secara khusus ditujukan          untuk pementasan teater.

9. Persiapan-persiapan apa sajakah yang harus dikerjakan dalam pementasan drama? 
  • Pemilihan Peran (Casting) Pemilihan naskah diikuti dengan tahap persiapan pementasan yang lain. ...
  • Melatih Peran. ...
  • Persiapan Lampu dan Panggung. ...
  • Persiapan Tata Musik dan Tata Bunyi. ...
  • Persiapan Tata Busana dan Tata Rias. ...
  • Persiapan Produksi.
10. Melalui apa saja watak tokoh dalam drama dapat terungkap?
      yaitu melalui tingkah laku tokoh.

okey guys segitu dulu ya latihan soal yang bisa aku jelasin,nanti di next part kita lanjutin lagi, semoga bermanfaat ya dadada. wasalammualaikum wr.wb 

















1 comment: